SERI KEENAM

Yesus Kristus: Imam Besar Kekal yang Dijanjikan dengan Sumpah ​

Buku keenam membahas silsilah dari imam besar. Sejarah imam besar dimulai dengan Harun pada 1445 SM yang berlanjut selama lebih dari 77 generasi sampai jatuhnya Yerusalem di tahun 70 M. Mereka mengikuti peraturan Harun – tanpa ‘sumpah’ karenanya memiliki keterbatasan yaitu tidak bisa dengan sempurna menebus dosa manusia. Akan tetapi, Yesus Kristus adalah imam besar yang kekal dari sumpah penjanjian yang datang menurut peraturan Melkisedek, Dia mampu menyelesaikan semua dosa manusia sekali untuk selama-lamanya dan secara sempurna dapat menyelamatkan mereka yang mendekat kepada Allah melalui diri-Nya (Ibr 7:11-28).

Pembelian :

77 Generasi Imam Besar Disusun Secara Sistematis

Untuk pertama kalinya menyusun silsilah 77 generasi imam besar berdasarkan bait suci tempat mereka melayani (29 generasi), berdasarkan periode pelayanan (19 generasi), berdasarkan pengangkatan (29 generasi). Selain itu, untuk pertama kalinya di dunia menyusun dengan jelas pelajaran penebusan yang terkandung pada baju dan tugas imam besar, 24 divisi pelayanan bait suci yang ditetapkan oleh Daud (1 Taw 23-26).

POIN - POIN UTAMA

PESAN UTAMA

Imam besar yang mengikuti peraturan Harun, yaitu imam besar yang tidak disumpahkan, memiliki keterbatasan sehingga tidak dapat sepenuhnya menyelesaikan permasalahan dosa manusia. Akan tetapi, karena Yesus Kristus adalah Imam Besar Kekal yang dijanjikan dengan sumpah, yang datang menurut peraturan Melkisedek, Ia dapat menyelesaikan permasalahan dosa umat manusia satu kali untuk selama-lamanya dan menyelamatkan mereka yang
mendekat kepada Tuhan (Ibr 7:11-28).