logo

LOGIN
  • profil
      katavisisejarah
  • seri
      penulisbukulagupembelian
  • seminar
      misijadwalbrosurpendaftaran
  • webzine
      webzinephoto
  • ydsu
      berta

BERITA TERKINI


Peluncuran Buku dan Seminar Seri 6 Sejarah Penebusan

“Imam Besar Kekal Yang Dijanjikan Dengan Sumpah”



Panorama-2.png


Tujuh tahun telah berlalu sejak buku sejarah penebusan seri 1 [Silsilah di Kitab Kejadian] diterbitkan dalam bahasa Indonesia. Pada hari Senin, 16 Oktober 2017, telah terselenggara di dalam kasih karunia Tuhan, pelucuran buku dan seminar seri 6 sejarah penebusan [Imam Besar Kekal Yang Dijanjikan Dengan Sumpah] di Integrity Convention Centre, MGK Jakarta.  

Total sekitar 4000 orang hadir dari 50 STT dan 400 gereja memenuhi tempat seminar di lantai 10 dan bahkan ruangan di lantai 9. Acara ini dihadiri oleh para pemimpin Kristen di Indonesia, para pendeta, mahasiswa STT, dan umat Kristen dari berbagai daerah di Indonesia. Hadir pula perwakilan dari The History of Redemption for All nation (HORA), Amerika Serikat dan Center For the Movement of Redemptive History (R-Center), Korea, yang merupakan sponsor dari acara yang diselenggarakan Yayasan Damai Sejahtera Utama (YDSU) ini.


HORA.jpg


Acara dimulai dengan pujian pembuka dilanjutkan dengan ibadah syukur penerbitan buku. Di dalam ibadah ini diputar video khotbah dari penulis buku seri sejarah penebusan, Pdt. Abraham Park. Khotbah ini dibawakan pada saat peluncuran buku sejarah penebusan seri ke 6 dalam bahasa Korea. Dalam khotbahnya penulis mengatakan bahwa di dalam buku ini terdapat penyusunan sistematis pertama sepanjang sejarah dunia tentang 77 generasi imam besar  mulai dari imam besar Harun (1445 SM) sampai Pinehas (70 M).

Buku seri Sejarah Penebusan telah mendapat pengakuan dari para pemimpin Kristen di Indonesia bahkan para ahli teologia dunia. Pada kesempatan seminar ini hadir Prof. Dr. Thomas Pentury M.Si (Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama RI) dan Pdt. Dr. Ronny Mandang, M.Th (Ketua PGLII) yang memberikan kata-kata sambutan. Hadir pula tokoh-tokoh Kristen Indonesia seperti Pdt. Nus Reimas, Pdt. Robinson Nainggolan, Pdt. Daniel Ronda, dan masih banyak lagi.


Dirjen.jpgPGLII.jpg


Pada acara peluncuran buku, Pdt. Philip Lee selaku ketua Huisun Publishing Group (Penerbit buku-buku seri Sejarah Penebusan dalam bahasa Korea) menandatangani buku seri 6 sebagai simbol peluncuran buku. Sebagai penghargaan kepada Pdt. Abraham Park, diberikanlah plakat dan buku seri ke 6 kepada putra ketiga dan istri dari Pdt. Abraham Park, yaitu bapak Joseph Park dan ibu Min Gap Sik.

ttd-buku.jpgplakat.jpg



Sebelum ibadah selesai, komisi Sekolah Minggu dan remaja Gereja Presbiterian Bukit Sion Indonesia (GPBSI) mempersembahkan pujian ‘77 Generasi Imam Besar’ yang merupakan salah satu isi dari buku sejarah penebusan seri 6. Anak-anak ini telah menghafal semua 77 generasi imam besar ini dan menyanyikannya dengan lantang. Seperti pesan dalam lirik pujian ini, anak-anak ini menyaksikan bahwa sebagai orang percaya yang telah menerima firman, kita harus menjadi imam-imam yang setia, meneladani Yesus yang adalah Imam besar kekal dan menyebarlan firman sampai ke seluruh dunia.


performance-sekolah-Minggu.jpg



Setelah ibadah syukur selesai, seminar buku seri 6 dimulai dengan book review oleh Pdt. Youn Doo Hee yang adalah ketua Gembala sidang GPBSI sekaligus penerjemah buku-buku Sejarah Penebusan dalam bahasa Indonesia. Pdt. Youn menguraikan isi buku Sejarah Penebusan mulai dari seri 1 sampai 6 secara lugas dan menarik. Beliau menyatakan bahwa inti dari Sejarah Penebusan adalah Yesus. Semua proses, peristiwa bahkan tokoh-tokoh yang ada dalam sejarah penebusan menunjuk kepada Yesus yang adalah puncak dari Sejarah Penebusan. Sebagai penutup beliau menyampaikan bahwa seperti Nuh menemukan kasih karunia terakhir pada mata Tuhan (Kej 6:8) kiranya setiap para peserta seminar pun mendapatkan dan merasakan kasih karunia tersebut.


Pembicara.jpg


Pembicara pertama dari seminar ini adalah Pdt. John McCurley, D.Min. Beliau adalah senior pastor dari Covenant of the Church, Savannah, USA. Di sesi ini beliau mengatakan bahwa di dalam buku 6 terdapat daftar nama imam-imam. Imam-imam ini adalah pengawal-pengawal umat Israel, tapi nabi Yesaya mengatakan di Yesaya 56:10 bahwa para pengawal Israel tersebut buta, tidak tahu apa-apa, seperti anjing-anjing bisu yang tidak tahu menyalak, suka tidur. Seharusnya mereka menjadi pemimpin yang bisa memberikan peringatan kepada umat yang berbuat dosa, tapi malah mereka bagaikan anjing-anjing bisu yang tidak tahu menyalak. Namun, Tuhan membutuhkan pengawal-pengawal yang hebat yang memiliki firman, yaitu imam-imam yang bisa menuntun umat untuk memiliki mata yang terbuka pada firman.


Sesi kedua seminar dibawakan oleh Pdt. Philip Lee. Sebagai intro beliau mengatakan bahwa pada bulan Desember 2017 buku sejarah penebusan seri ke 10 dalam bahasa Korea akan diterbitkan. Setelah dalam bahasa Korea, buku sejarah penebusan yang paling banyak diterjemahkan adalah dalam bahasa Indonesia. Pada pembahasan kali ini, beliau menyampaikan tentang Yesus yang adalah Imam Besar yang kekal. Berbeda dengan imam besar manusia yang berdasarkan garis keturunan Harun yang setiap tahunnya pada hari pendamaian harus menebus dosa umat, dengan pengorbanan Yesus , Imam Besar kekal, di kayu salib, semua dosa umat manusia telah dihapuskan. Selain itu jika imam besar di perjanjian lama telah mati, maka para orang-orang yang berdosa yang ada di kota perlindungan bisa beroleh kebebasan. Ini menggambarkan bahwa dengan kematian Yesus di kayu salib, maka kita pun bisa beroleh kebebasan dari dosa dan kembali ke rumah sejati kita yaitu sorga.


Buku Sejarah Penebusan seri 6 menjelaskan tentang Yesus yang adalah Imam Besar kekal. Seperti telah dibahas juga oleh Pdt. Youn Doo Hee dalam sesi bahwa inti dari Sejarah Penebusan adalah Yesus. Pdt. Abraham Park, penulis seri Sejarah Penebusan menjalani kehidupan ‘hanya Yesus’, seluruh hidupnya yang telah membaca alkitab lebih dari 1800 kali, dengan 3 jam berdoa dan 5 jam membaca alkitab setiap harinya, semua itu didedikasikan hanya untuk Yesus. Seperti dikutip dari tulisan Pdt. Abraham Park di bagian pendahuluan buku seri 6 yaitu “saya sungguh berharap agar wangi berkat memancar keluar berlimpah-limpah bahkan dari setiap sel tubuh kita, yaitu hanya Yesus Kristus sajalah yang dengan nyata dimuliakan (Flp 1:20)”, kiranya segenap kehidupan kita pun sepenuhnya kita persembahkan hanya untuk Yesus.


“Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku”

Attachment :
Views :
407
등록일 :
2017.10.20
19:41:08 (*.195.33.35)
Trackback :
http://sejarahpenebusan.com/xe/719989/7c2/trackback
Article URL :
http://sejarahpenebusan.com/xe/719989
List of Articles
번호 Subject Views Votes Date Last Update
38 Workshop Seri 6 Sejarah Penebusan (17 Oktober 2017) file 299   Oct 25, 2017 Oct 25, 2017 12:43
 
» Peluncuran Buku dan Seminar Seri ke-6 Sejarah Penebusan (16 Oktober 2017) file 407   Oct 20, 2017 Oct 24, 2017 19:42
Peluncuran Buku dan Seminar Seri 6 Sejarah Penebusan “Imam Besar Kekal Yang Dijanjikan Dengan Sumpah” Tujuh tahun telah berlalu sejak buku sejarah penebusan seri 1 [Silsilah di Kitab Kejadian] diterbitkan dalam bahasa Indon...  
36 Daftar Online Seminar Seri 6 Sejarah Penebusan 1755   May 06, 2017 May 06, 2017 19:06
 
35 [News] Seminar Seri 3 & 4 di Palu (15 November 2016) 347   Nov 26, 2016 Nov 30, 2016 15:20
 
34 Seminar Seri 3-4 diadakan di Palu, 15 November 2016 file 266   Nov 01, 2016 Nov 01, 2016 13:12
 
33 Telah Terbit Seri 6 Sejarah Penebusan file 520   Oct 31, 2016 Oct 31, 2016 12:57
 
32 Workshop di Sidang Sinode Am XXIV Gereja Toraja (18-19 Jul 2016) file 732   Jul 27, 2016 Jul 27, 2016 11:42
 
XE Login